Fenomena Sosial di Era Digitalisasi

Image
           Tentang Literasi  Martha C. Pengington ( 1996:186 ) mengatakan bahwa, secara fakta dokumen tertulis dapat survive lebih lama dibandingkan manusia itu sendiri, karena bahasa tulisan mudah dipelihara dari generasi sesuatu ke generasi berikutnya. 

“Peran Teknologi terkini dalam Membuat Pembelajaran DARING (online) dan LURING (Offline) Menjadi Semakin Menyenangkan”.

 

“Peran Teknologi terkini dalam Membuat Pembelajaran DARING (online) dan LURING (Offline) Menjadi Semakin Menyenangkan”.

EKALAYA IRPAN PAMUJI. S,Sos

 

Delapan bulan telah berlalu dalam kisah perjalanan antara Peserta Didik dengan Tenaga Pendidik. Banyak kisah yang dilalui, banyak cerita yang dituangkan kedalam goresan kertas maupun selembar print hasil ketikan jemari cantik dan gemulai.

Wabah Korrona ini mengajarkan kita akan cerita yang tiada  duanya  atau seperti Sinetron yang  kejar tayang dari episode ke episode berikutnya. Yang selalu menarik dan disimak dan dipelajari.

Berbagai macam kritikan serta peristiwa yang terjadi  serta realitas masyarakat akan dampak dari korrona . Tidak ada yang ingin situasi seperti ini. Mendistorsi setiap  sendi roda kehidupan . tak ayal kita tercibaku dalam situasi penuh cobaan dan rintangan ini. Semoga Pandemi ini berakhir, agar Bangsa Indonesia kembali Sehat seperti sedia kala.

Namun, Realitas dan fakta berbicara tentang rona-rona korrona. Tugas kita sebagai anak bangsa adalah berusaha mematuhi Protokol Kesehatan.  Agar tercipta menjadi individu yang disiplin sehingga memberikan dampak nyata bagi dukungan moral bagi kelompok masyarakat secara keseluruhan.

Begitu halnya dengan dunia Pendidikan di masa Pandemi ini. Tenaga pendidik seperti “Perpacu dalam melodi”. Artinya seorang guru dituntut dan beradaptasi dalam situasi wabah Koronna.    Beradaptasi dalam model pembelajaran, beradaptasi dalam Mindset. Sehingga Tenaga Pendidik mensiasati dengan bantuan tehnologi. Karena dengan bantuan tehnologi peran Guru terakomodir. Apakah dengan mengunakan WhatsApp, Classroom, Zoom Meeting.

Dengan adanya kecanggihan tehnologi model pembelajaran dapat dimodifikasi atau lebih menarik seiring dengan  daya dukung tehnologi kekinian. Misalnya saja dulu seorang  kameramen setelah pasca shooting Video haruslah mengedit di Aplikasi Editing Vidoe di Laptop dengan berbagai spesifikasi tertentu. Sehinga tidak semua orang atau Tenaga Pendidik memahami dan bisa mengunakan secara  mendetail.

Kini dengan perkembangan Zaman dan kecanggihan tehnologi semua aplikasi  Editing Vidoe bisa di akses di Smartphone. Seperti Kine Master, cukup di download di Playstore . jika masih bingung mengunakan Aplikasi Kine Master, Tenaga Pendidik bisa membuka tutorial di Youtube sebagai sumber rujukan belajar.

Aplikasi Kine Master menjadi primadona bagi kaum Milenial apalagi bagi kuam Tenaga Pendidik. cukup Shooting mengunaka HP/Smarphone. Aplikasi Kine Master siap membantu dalam mengedit Vidoe. baik untuk Pemula maupun kalangan Profesional. 

Dengan peran tehnologi , sehingga tenaga pendidik tetap bisa mengajar secara online atau istilah kerennya Daring (Dalam Jaringan). Apa saja aplikasi yang dapat berupa Daring (Dalam Jaringan) seperti WhatsApp, Classroom, Google Meet, Zoom Meeting. Semua terjadi dengan virtual secara live atau langsung. Tenaga Pengajar bisa bertatap muka secara langsung dengan Peserta Didiknya. Setiap sesi pembelajaran di sajikan sedemikian rupa seolah-olah kita masuk ke alam Nirwana.

Lalu bagaimana dengan sistem pengajaran Luring atau mengajar secara offline. Tentu tiada duanya. Karena interaksi sosial  memang sejatinya ada dua jenis. Tatap muka secara langsung maupun secara tidak langsung.  

Karena dengan kehadiran siswa datang sekolah. merupakan sebuah kerinduan yang tak terbendung antara Tenaga Pendidik dan Peserta Didik. Secara alaminya manusia butuh ikatan emosi.

Baik  pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) maupun Luring menyenangkan. Menyenangkan bagi para Tenaga Pendidik dan Peserta Didik  sesuai dengan dinamika yang ada. Karena sejatinya setiap Daerah memiliki karakter dan cerita yang berbeda. Di sesuaikan dengan realitas yang ada. Karena kita hidup dialam nyata.  

 

#PGRI

# KOGTIK

#EPSON

#KSGN

Comments

  1. Menahan rindu dengan siswa selama hampir 7 bulan, sungguh berat ya pa hehe
    Keren pa tulisannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas dukungannya Bu, masih pemula

      Delete
  2. Daring dan luring sama-sama membutuhkan effort yang tinggi, ya pak. Semangat bertarung menghadapi kemajuan zaman.

    ReplyDelete
  3. Ikut lomba blog nih.
    Teknologi sangat membantu guru ya, Pak!

    ReplyDelete
  4. Mantul kartulnya. Terima kasih sdh ikut berpartisipasi dalam lomba blog bulan bahasa dan sumpah pemuda

    ReplyDelete
  5. Adanya teknologi sangat membantu guru berinteraksi dgn siswa.

    ReplyDelete
  6. Benar sekali daring atau lureng sama2 menjadi pilihan sesuai kondisi masing2 daerahx dg pertimbangan yertentu

    ReplyDelete
  7. Mantul tulisannya. Semangat terus berkarya.

    ReplyDelete
  8. tulisan keren, lahir dari gurunya yang hebat
    https://www.gurusumedang.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

PERTENGKARAN YANG SESUNGGUHNYA DIUSIA MUDA ADALAH PERKELAHIAN MENCAPAI MASA DEPAN

APA ITU “ NYELIMPOK “

CATATAN PRESTASI SISWA

SEBUAH PENGABDIAN