Fenomena Sosial di Era Digitalisasi

Image
           Tentang Literasi  Martha C. Pengington ( 1996:186 ) mengatakan bahwa, secara fakta dokumen tertulis dapat survive lebih lama dibandingkan manusia itu sendiri, karena bahasa tulisan mudah dipelihara dari generasi sesuatu ke generasi berikutnya. 

CATATAN PRESTASI SISWA

 

CATATAN PRESTASI SISWA

EKALAYA IRPAN PAMUJI,S.Sos

 

 

 

 

 

Menjadi seorang Penulis, susah -susah gambang. Susah jika kita tidak fokus dan gampang jika seorang Penulis tetap fokus menulis walaupun 100 kata sekalipun. Intinya konsisten dalam menulis.

Baik dalam edisi kali ini saya ingin mencoba, menulis tentang Grafik Prestasi di bidang kesiswaan. Kebetulan saya diamanahkan pihak sekolah sebagai Koordinator Kesiswaan.

 

Tidak terasa waktu berjalan begitu cepatnya sudah 4 tahun berlalu. Pindah dari satu sekolah ke sekolah lain adalah merupakan pengalaman tersendiri bagi diri secara pribadi. Mungkin pandangan rekan-rekan bisa plus bisa juga minus. Maklum setiap orang memiliki cara pandang menyikapi setiap yang diamati.

 

Yang jelas setiap sekolah memiliki cerita dan suasana sendiri tergantung bagaimana  kita yang menyikapi.

Nah!, untuk cerita kali ini adalah pengalaman  pribadi , semoga menjadi  cerita pada anak cucu nanti.

Setiap orang pandai menulis, menata, mengatur, dan mengevaluasi. Dalam istilah ilmu manajemen adalah POAC ( Planning, Organazation,Actuating, Controling).

 

Ketika saya,  atau pun rekan-rekan sekalian. Diberikan amanah apa pun bentuk pekerjaannya. Hal itu seyognya dilakukan dengan sepenuh hati.  Karena tugas dan pekerjaan esensinya kembali ke pribadi kita masing-masing. Istilah pepatah siapa yang menanam pasti ia memetik hasilnya.

 

Jika reka-rekan sekalian melihat grafik prestasi diatas adalah pencapain dan keberhasilan siswa prestasi baik secara Akademik maupun non Akademik. Artinya prestasi siswa bisa diukur dalam kemampuan secara berkala, maupun secara Kognitif dan Psikomotorik.  

 

Pada tahun 2018 presentase dibidang Pengetahuan  mencapai 8%, Seni 9% serta Olahraga 5%.  Jika kita jabarkan bahwa pengetahun berupa perlombaan OSK, O2SN, OSP. Keberhasilan pada bidang Pengetahuan tidak terlepas Peran Kepala Sekolah, Guru Pendamping, Pembina serta Kesiswaan. Begitu juga dengan Seni berupa Seni Tari, Seni Suara, Pencak Silat dan Olahraga  berupa Perlombaan Atletik, Badminton, Senam.

Jadi bisa di simpulkan bahwa pada Tahun 2018 presentasi Prestasi tertinggi di bidang Seni mencapai 9%. Dengan adanya wadah seperti MKKS Cup, FL2SN, O2SN. Siswa bisa menuangkan segala potensi yang dimiliki. Apakah dibidang Pengetahuan, Seni dan Olahraga disesuaikan dengan minat dan bakat peserta didik?.

 

Sedangkan di tahun 2019 Presentase dibidang Olahraga mencapai 11%. Dan untuk dibidang Pengetahuan dan Seni tidak ada raihan.  Untuk di tahun 2019.

 

Dan di tahun 2020 di bidang  Olahraga mencapai 5%, sedangkan pengetahuan dan seni tidak mendapatkan raihan. Seiring dengan masa Pandemi banyak kegiatan Kesiswaan ditiadakan demi memutus mata rantai Korrona.

 

Jadi bisa disimpulkan bahwa di tahun 2018 adalah masa kejayaan dibidang kesiswaan.  Raihan dibidang pengetahuan, Seni dan Olahraga mencapai presentase yang maksimal. Artinya bahwa antara Kognitif dan Psikomotorik seimbang sesuai dengan  anjuran Pemerintah tentang Pendidikan Karakter. Sedangkan di tahun 2019 dan tahun 2020,  disesuaikan dengan Dinamika yang ada.

 

Sumber :

Catatan Prestasi Kesiswaan

SMA N 1 Pesisir Selatan

 

 

Comments

  1. Smg corona sgra hilang dr muka bumi ini.thun dpn bs di adakan lomba2 lgi.. Sukses u sklh bpk n sklh kita...aamiin

    ReplyDelete

Post a Comment

PERTENGKARAN YANG SESUNGGUHNYA DIUSIA MUDA ADALAH PERKELAHIAN MENCAPAI MASA DEPAN

APA ITU “ NYELIMPOK “

PESONA KRUIKU