Fenomena Sosial di Era Digitalisasi

Image
           Tentang Literasi  Martha C. Pengington ( 1996:186 ) mengatakan bahwa, secara fakta dokumen tertulis dapat survive lebih lama dibandingkan manusia itu sendiri, karena bahasa tulisan mudah dipelihara dari generasi sesuatu ke generasi berikutnya. 

Kenali Karakter Teman Bermain anda Oleh : Ekalaya Irpan Pamuji,S.Sos


Kenali Karakter Teman Bermain anda


“ Tak kenal maka tak sayang “, pepatah lama mengatakan demikian. Pergaulan adalah proses Sosialisasi yang sangat penting dalam tumbuh kembang karakter seseorang. Karena dengan pergaulan , maka seseorang dapat berinteraksi, curhat, bermain dan saling mengenal satu dengan yang lainnya. Coba bayangkan ? jika kamu, saya atau mereka. Tidak pernah bergaul selama 1 minggu, 2 Minggu atau berbulan – bulan bahkan bertahun – tahun.. waduhhh..! tidak bisa dibayangkan dengan kata – kata. Bisa – bisa mengalami Stres, Defresi bahkan gila.
Pergaulan bisa dijadikan sebagai kebutuhan Primer. Bukan Makan, Minum saja yang dijadikan sebagai Kebutuhan pokok saja. Dengan alasan!. Pergaulan adalah Panggilan jiwa atau Sunatullahnya, karena kita sebagai Mahluk Social yang tidak terlepas dari ikatan batin antar indivdu satu dengan individu yang lainnya. Karena kita saling melengkapi, dan mengisi, tolong menolong antara satu dengan yang lainnya.
Siapa yang paling dekat pengaruhnya dalam mengisi, mewarnai sendi kehidupan setelah keluarga!
Tentu jawabannya adalah Teman Sepermainan alias teman sepergaulan. Kata bahasa lampungnya Kantik Sangon ( Teman dekat ). Karena dengan teman dekat kita bisa menyampaikan keluh kesah, canda dan tawa silih berganti seakan – akan menjadi teman sejati.

Dalam ilmu sosiologi ada istilah Agen Sosialisasi yaitu tempat, wadah, penyaluran , pendidikan dan transper budaya dari generasi ke generasi. Apa saja Agen tersebut! Yaitu :
1. Keluarga
2. Teman Sepermainan
3. Sekolah
4. Media Massa

Pokok pahasan kita kali ini adalah mengenai “ Teman Sepermainan”. Dengan tema Kenali Karakter Teman bermain anda. Nah!, yang kita bicarakan sekarang adalah tentang karakter. Tentu kita harus mengetahui karakter dari teman kita masing – masing. Sesuai kata pepatah “ jika teman kita penjual minyak wangi. Maka kita akan bau wanginya. Dan jika kita berteman dengan penjahat ya nanti juga kena dampaknya.
Dalam kehidupan silih berganti tahun demi tahun , hari demi hari banyak hal yang kita alami. Seperti permen nano – nano asem, pedes,ada juga rasa sepetnya. Sama dengan teman atau sahabat yang kita pergauli banyak corak dan perangai yang mereka miliki. Ada tiga karakter yang di ambil dari Analogi atau perumpamaan Karakter Kehidupan Tumbuhan dan bisa juga dijadikan Referensi atau bahkan Repleksi dan Evaluasi dalam pergaulan sehari- hari . Apa sajakah ketiga tumbuhan tersebut.
1. Lumut ( Bryophyta)
Karaktereristik Utama Bryophta ( Lumut ) adalah tumbuhan yang memiliki batang semu, daun semu, dan akar semua beruoa rizoid. Habitat Lumut di berbagai tempat, cotohnya tanah lembab, di pohon, di tembok, dipermukaan batu bata.
Manfaat lumut menghancurkan batu – batuan tanah, menahan erosi bagi tumbuhan di lnatai hutan, mengurangi banjir, mampu meyerap air sehingga dapat menyediakan air pada musim kamarau.

Karakter lumut hidup ditempat yang lembab, basah dan penuh air. Jika keadaan atau tempat bertameng mulai mengering dan di panasi oleh terik matahari yang meyengat. Maka tumbuhan Lumut ini akan layu bahkan mati. Jika diumpamaan seperti seseorang yang selalu bergantungan dengan orang lain, suka memuja dengan mahluk, sering cari muka pada saat jam kerja bukan meningkatkan keahlian atau kompetensi, penempatan kerja berdasarkan kedekatan keluarga. Kepentingan Tertanam kuat, Ada plus minusnya sesorang yang memiliki karakter Lumut.
2. Rumput ( Grass )
Adalah tumbuhan monokotil yang meiliki daun berbentuk sempit meruncing yang tumbuh dari dasar batang. Rumput sering kali ditanam sebagai tanaman hias, tanaman obat dan pakan ternak.
Sumber ( Wikipedia )
Karakter rumput adalah seseorang yang memilki jiwa Mandiri, Pantang Menyerah, suka dengan tantangan, Interpiunership, toleransi, karena ia tumbuh dan bebas serta bertahan lama.
Sesuai dalam buku Nyomie dan Max, Nyoman sakyarsih menuliskan tentang filosofi rumput yang begitu menyentuh persaaan dan mampu membuat kita belajar darinya. Dalam buku tersebut, Nyoman menguraikan bahwa rumput yang semula berwarna hijau segar, berubah menjadi kecoklatan. Perbuhan ini bukan berarti menandakan ia telah mati. Ia hanya berusaha bertahan saat kekeringan. Bila ia dipotong maka ia akan tumbuh kembali, jika ia ditimbun dengan pasir maka ia akan mencari celah . Sumber (Analisisa daily. com )
3. Benalu ( Loranthus )
Adalah tumbuhan yang menumpang pda tanaman lain dan mengisap makanan dari tanaman yang ditumpangi; termasuk tumbuhan parasit obligat yang hidup dan tumbuh pada batang ( dahan ) pohon tumbuhan lain. Sumber ( Wikipedia )
Karakter Benalu adalah seseorang yang memiliki jiwa ketergantungan amat sangat. Artinya ketergantungan adalah prinsip dalam hidupnya. Dan terkadang ia menjadi perusak dalam membina setiap hubungan bermasyarakat atau perorangan. Karena ia selalu mengambil keuntungan disetiap membina hubungan. Datang dan pergi jika menguntungkan. Alias Egois dalam membina hubungan yang penting Money. Selama menguntungkan ia akan tumbuh subur jika tidak ia tetap tumbuh. Tumbuh dalam kepentinganya bukan kepentingan orang lain.
Kenali karakter dirimu dan kenali karakter teman disekelilingmu
Karena teman sangat mempengaruhi masa depan.
Pemerihan, 2 Juli 2020
Ekalaya Irpan Pamuji,S.Sos
Bahan baca :
Diambil dari berbagai sumber


1



Comments

PERTENGKARAN YANG SESUNGGUHNYA DIUSIA MUDA ADALAH PERKELAHIAN MENCAPAI MASA DEPAN

APA ITU “ NYELIMPOK “

CATATAN PRESTASI SISWA

PESONA KRUIKU