Fenomena Sosial di Era Digitalisasi

Image
           Tentang Literasi  Martha C. Pengington ( 1996:186 ) mengatakan bahwa, secara fakta dokumen tertulis dapat survive lebih lama dibandingkan manusia itu sendiri, karena bahasa tulisan mudah dipelihara dari generasi sesuatu ke generasi berikutnya. 

“ 7 Tips guru dalam Adaptasi belajar Daring di masa Pandemi “






“ 7 Tips  Guru dalam Adaptasi belajar  Daring di masa Pandemi “

Oleh : EKALAYA IRPAN PAMUJI,S.Sos

S

atu minggu yang lalu atau bahkan sampai hari ini. Guru dan siswa dihadapkan pada dunia baru yaitu sistem mengajar online kata kids Zaman now, ‘Daring’  ( Dalam Jaringan ). Jika kita berbicara pembelajaran Daring sepertinya tidak pernah habis – habisnya. Mulai melalui Aplikasi WhatshApp, Classroom, Ruangguru, Zoom Meeting, dsbnya.

                Banyak cerita lucu, sedih, boring, atau uring –uring gara – gara Smarphone rusak, Habis Paket, Kurang pengetahuan, kurang keahlian yang jelas semua terangkum dalam Diare catatan harian guru dan siswa. Ada yang tertawa, ada yang cemberut gara- gara 10 x buat Absen Online tidak bisa – bisa. Prinsipnya Trial and Eror, coba – coba.”kok, buat Absen coba- coba!”, pungkas salah satu guru dalam dunia realita Digitaslisasi dimasa Pandemi.

                Wooww..! sebuah tantangan atau rintangan bagi guru dan siswa dalam menghadapi Era Adaptasi ini. Dalam istilah sosiologi culture Leg, atau bisa jadi culture Shock.   Ada sebuah ketimpangan budaya di Era Digitaliasi ini. ‘Antara tranpers pengetahuan dan Skils Tehnologi’. Kenapa demikian ?.  ‘Guru selama ini terbiasa menyampaikan Segala Pengetahuan dan Materi dengan tatap muka’. Kini sudah beralih dengan pertemuan  sistem online ( Daring ).’ Guru terbiasa mendidik sikap dan  spritual kini serba online’.

                PR terbesar “Guru di Era Adaptasi di masa Pandemi “ . tidak lain dan tidak bukan adalah penyesuaian kemahiran dan berkarya dengan pendekatan TIK. Tetapi jangan khawatir ada beberapa tips untuk mengatasi kegundahan hati seorang Guru dalam ruang waktu Adaptasi  belajar Daring di masa Pandemi.
7 Tips  langkah Guru  dalam mengasah Keahlian dengan pendekatan TIK, yaitu:
1.       Membuka diri dan tawakal
2.       Tidak mental blok dan thingking blok
3.       Bergaul dan tidak malu bertanyan dengan Teman, kerabat, atau adik yang paham Tehnologi informasi
4.       Mendownload Tutorial tentang aplikasi  TIK yang dibutuhkan di Youtube,facebook,Dst.
5.       Bergabung dengang Forum Guru Pengerak di Facebook,  ada banyak  Tutorial tentang Dunia  TIK
6.  Terbentuknya Team IT sekolah. Jika guru kesulitan dalam penguasaaan TIK. Bisa di tanggulangi bersama dengan Team IT sekolah
7.       Konsisten dalam belajar adalah kunci keberhasilan

Jangan pernah menyerah ‘Guru ku!’. Semua langkah diawali angka nol seperti Pegawai SPBU. Diawali dari nol ya !. artinya semuanya memang tidak mudah, semuanya  tidak nyaman. Tetapi ini adalah ‘Dunia baru’ di masa Covid – 19 ini. Kita sebagai Pendidik tentu menjadi tantangan terbesar dengan berbagai kendala dan aral yang dihadapi. Tetapi itu realitas yang Guruku hadapi bersama siswa. Intinya jangan pernah menyerah dan mengeluh. Memang benar ! setiap Daerah memiliki   Karakter wilayahnya masing – masing tidak bisa disamakan antara satu wilayah dengan wilayah lain. Banyak jalan menuju Roma . banyak jalan pula cara  dalam berkarya .

 # Tetap semangat  berkarya #

Pemerihan, 1 8 Juli 2020
Ekalaya Irpan Pamuji,S.Sos


Comments

PERTENGKARAN YANG SESUNGGUHNYA DIUSIA MUDA ADALAH PERKELAHIAN MENCAPAI MASA DEPAN

APA ITU “ NYELIMPOK “

PESONA KRUIKU

“Peran Teknologi terkini dalam Membuat Pembelajaran DARING (online) dan LURING (Offline) Menjadi Semakin Menyenangkan”.