Fenomena Sosial di Era Digitalisasi

Image
           Tentang Literasi  Martha C. Pengington ( 1996:186 ) mengatakan bahwa, secara fakta dokumen tertulis dapat survive lebih lama dibandingkan manusia itu sendiri, karena bahasa tulisan mudah dipelihara dari generasi sesuatu ke generasi berikutnya. 

KEBERSAMAAN DALAM KEMUFAKATAN

 

KEBERSAMAAN DALAM KEMUFAKATAN

EKALAYA IRPAN PAMUJI,S.Sos

 


 

Satu bulan telah berlalu banyak cerita dan perjuangan dalam proses menuju Visitasi Akreditasi Sekolah pada Tingkat SMA.  Sebagian guru disibukan membuat Analisis Penilaian. Dimulai dari kisi-kisi soal, kartu soal maupun remedial dan pengayaan. Meskipun sudah terakomodir melalui Aplikasi Penilaian. Tetap menjadi momok sebagian guru. Karena  analisis penilaian menjadi tantangan tersendiri bagi rekan-rekan guru dalam persiapan Visitasi Akreditasi kali ini.

Sungguh!,  hajatan 5 tahun sekali yang tak terlupakan dalam setiap moment persiapan Visitasi Akreditasi Sekolah pada Tingkat SMA. Memang, luar biasa dari pengalaman-pengalaman ditahun-tahun sebelumnya. Melalui Virtual dalam jaringan Zoom Meeting. Seorang Asesor bisa menayakan secara langsung terhadap ketiga responden. Siapa sajakah ketiga responden tersebut, yaitu :

1.       Kepala Sekolah

2.       Dewan Guru

3.       Peserta Didik

         Tepatnya pada tanggal 25 sd 26 November 2020. Kegiatan Visitasi Akreditasi melalui Virtual Zoom Meeting dimulai. Dengan sigapnya pembawa acara membacakan susunan Acara  Visitasi Akreditasi melalui Virtual Zoom Meeting. Dengan nada lugas namun tegas acara pun segera dimulai. Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu. “Tabik Pun” iya, Pun. Seluruh peserta menjawab dengan penuh semangatnya.

Pada sesi pertama Kepala Sekolah memberikan paparannya tentang Selayang Pandang serta Profile SMA N 1 Pesisir Selatan, yaitu:

1.       Visi dan Misi

2.       Perkembangan Tenaga Pendidik dan Peserta Didik

3.       Peningkatan Mutu Lulusan baik secara Akademik maupun non akademik

4.       Peningkatan Sarana dan Prasarana Sekolah

 Lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab Asesor dengan Guru. Terasa dak dik duk der, dalam setiap moment pertanyaan yang diajukan oleh Asesor terhadap Guru.

     Ada yang ditanya tentang Rpp, kisi-kisi soal kartu soal sampai dengan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik). Serta Rpp berbasis HOTS dan Keterampilan Abad 21.  Untuk hari pertama berfokus pada Mutu Kelulusan dan Proses Pembelajaran . Suasan tetap semangat dan ceria. Dengan kekompakan team untuk dihari pertama tepatnya hari Rabu, 25 Desember 2020 berakhir pada pukul 15. 00 Wib.

    Keesokan harinya pada hari Kamis, 26 Desember 2020. Tepat pada pukul 07. 45 Asesor  menyapa  “Assalamulaikum warohmatullahi wabarokatu”. Dengan semangatnya kami menjawab, “ walaikum salam warohmatullahiwabarokatu”. berkomunikasi secara informal dalam kesiapan wawancara terakhir pada visitasi   Akreditasi Sekolah di tingkat  SMA.

     Selang beberapa menit setelah Asesor berkominukasi secara informal. Tepat pada pukul 08. 00 Wib. Acara segera dimulai dengan secara resmi. Ibu Maya selaku pembaca acara dengan lugas membaca tata tertib acara yang kami akan jalankan. Di awali dengan Kepala Sekolah memberikan kata pengantar serta melanjutkan paparan Manajerial Sekolah. Baik rencana kerja sampai dengan  Supervisi Guru dan Matrik kemajuan mutu Sekolah.

    Setelah kepala Sekolah tanya jawab dengan semangat dengan Asesor. Kini dilanjutkan  kembali  dengan wawancara siswa. Menayakan seputar tata tertib, kedisiplinan serta budaya organisasi sekolah yang ditanya asesor terhadap siswa. Belum lagi wawawancara Guru BK seputar  RPL  atau seputar penanganan konseling siswa.

    Banyak pelajaran yang dipetik dalam visitasi Akreditasi tahun ini. Pengalaman dan terbesit dalam benak Guru maupun siswa selaku responden dalam acara sesi tanya jawab. Memberikan pengalaman yang luar biasa untuk perbaikan, evaluasi dan semangat pantang menyerah dalam berbenah untuk kemajuan SMA yang kami cintai. 

    Semoga Visitasi Akreditasi kali ini memberikan angin segar khususnya  Keluarga Besar SMA N 1 Pesisir Selatan . Serta memberikan  dampak positif,  secara umum kepada masyarakat Kecamatan Pesisir Selatan. 

 

# Bersama kita bisa #

# Berat sama dipikul ringan sama dijinjing #

 

 

Comments

PERTENGKARAN YANG SESUNGGUHNYA DIUSIA MUDA ADALAH PERKELAHIAN MENCAPAI MASA DEPAN

APA ITU “ NYELIMPOK “

CATATAN PRESTASI SISWA

PESONA KRUIKU