Fenomena Sosial di Era Digitalisasi

Image
           Tentang Literasi  Martha C. Pengington ( 1996:186 ) mengatakan bahwa, secara fakta dokumen tertulis dapat survive lebih lama dibandingkan manusia itu sendiri, karena bahasa tulisan mudah dipelihara dari generasi sesuatu ke generasi berikutnya. 

KESABARAN ADALAH BAGIAN KUNCI KESUKSESAN

 

KESABARAN ADALAH BAGIAN KUNCI KESUKSESAN

OLEH : EKALAYA IRPAN PAMUJI,S.Sos

 


Sumber Gambar : tokopedia

 

Setiap kata yang terucap adalah doa. Entah itu berupa luapan emosi, kegembiraan, dan kesedihan. Tak sadar apa yang kita posting melalui berbagai media Facebook,Whatshaps atau Dp status di Wa. Itu adalah bagian cerminan jiwa yang tidak bisa kita pungkiri di zaman Digitalisasi.

Ada sebuah kisah yang menarik serta berbagi pengalaman khususnya dibidang kesiswaan. Bercerita tentang pengorbanan, perjuangan demi cita-cita. Sebut saja namanya Iwan. Iwan adalah seorang siswa yang mengampu jurusan MIPA. Orangnya cerdas namun ia bersahaja.

 Iwan, aktip diberbagai kegiatan ekstrakulikuler. Khususunya dibidang keagamaan atau Rohis.iwan juga sering mengikuti kegiatan MTQ baik ditingkat kecamatan maupun tingkat Kabupaten. Iwan pernah menjuarai peringkat ke 4 pada ajang lomba MTQ tingkat Kabupaten beberapa tahunyang lalu tepatnya tahun 2019. Iwan juga hatam 2 juz .

Ada yang menarik pada kisah perjalan iwan untuk masuk keperguruan tinggi Negeri.  Mengapa demikian ?. sebelum iwan diterima Keperguruan Tinggi Negeri. Beberapa bulan yang lalu. Iwan mengikuti berbagai jalur masuk perguruan tinggi. Seperti SNMPTN, SBMPTN maupun test PMDP / PMDK

Pada saat penulis sebagai Fasilitator pada program jalur PMDP.  Penulis tahu akan potensi yang luar biasa yang dimiliki iwan. Kebetulan penulis juga seorang membidangi kesiswaan. Jadi ada beberapa catatan penting yang dimilki. Khususnya baik siswa yang berprestasi maupun siswa yang super aktif alias nakal.

Kembali kita mengulas cerita tentang iwan. pada saat mengikuti test SNMPTN, SBMPTN maupun test PMDP / PMDK. Segela berkas sudah dipersiapkan untuk syarat mengikuti berbagai jalur tersebut. Sertifikat, pas poto sudah discan dan diupload. Dan yang lebih sedih iwan menemani penulis untuk scan raport. Semalam suntuk kami berdua menscan raport siswa yang lain. Maklum jadwal pengaploadtan raport sudah dateline. 

Selang beberapa bulan kemudian. Hari yang ditungu-tungu tiba. Pengumuman SNMPTN maupun jalur yang lain sudahdiumumkan. Ada  9  siswa yang diterima pada jalur SNMPTN dan 32 siswa diterima pada jalur SPAN. Namun, sayang pada giliran iwan pada saat mengecek dan melihat pengumuman. Apa jawaban aplikasi : ‘Anda belum berhasil’.

Sedih bercampur galau. Siswa yang lain penuh dengan kegembiraan serta suka ria. Sedangkan iwan tanpa sedih terlihat dari expresi wajah yang aga kecewa.  “Sedih aku Pak!”, sahut iwan. iya wan. Sabar ya wan. Allah SWT. Pasti memberikan jalan yang terbaik, bagi hambanya yang bersabar.

Saya tahu perasaan yang dialami iwan saat itu. Karena penulis tahu bahwa iwan memiliki prestasi yang luar biasa. Selain juara kelas. Iwan juga mewakili pada ajang OSK ( Olimpiade Saint Kabupaten) dan mendapatkan juara ke 1 waktu itu.

Kesabaran dan usaha itu adalah jalan yang iwan lalui. Kegalauan dan rasa sedih kini sudah terobati. Berkat kerja keras serta doa dari orang tua. Kini iwan diterima dijalur PMPAP disalah satu perguruan tinggi Negeri  di Provinsi Lampung.

 

Semoga sukses selalu

Catatan Kesiswaan

Ekalaya Irpan Pamuji,S.Sos

Biha, 31 Agustus 2020

Comments

PERTENGKARAN YANG SESUNGGUHNYA DIUSIA MUDA ADALAH PERKELAHIAN MENCAPAI MASA DEPAN

APA ITU “ NYELIMPOK “

CATATAN PRESTASI SISWA

PESONA KRUIKU