Fenomena Sosial di Era Digitalisasi

Image
           Tentang Literasi  Martha C. Pengington ( 1996:186 ) mengatakan bahwa, secara fakta dokumen tertulis dapat survive lebih lama dibandingkan manusia itu sendiri, karena bahasa tulisan mudah dipelihara dari generasi sesuatu ke generasi berikutnya. 

IJAZAH VS IJAB SYAH

IJAZAH VS IJAB SYAH


     
Usai sudah angkatan Tahun Pelajaran 2019 /2020. Khususnya bagi pelajar di tingkat pendidikan Menengah Atas. Ada siswa yang mempersiapkan masadepannya dengan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Mulai dari mengikuti berbagai jalur misalnya SNMPTN, SPAN, PMDK atau PMDP.
Kebetulan saya juga masuk dalam team jalur tersebut. Mulai dari persiapan berkas sertifikat, Raport, Surat Keterangan Tidak mampu, pas photo, dlsb. Semua data di scan lalu di upload berdasarkan juknis yang sudah ditentukan oleh masing - masing program. Tentu, hal ini cukup melelahkan. Walaupun demikian hal tersebut. terbagi menjadi beberapa team. Jadi, kerjasama team yang di utamakan. Akhirnya kerja keras membuahkan hasil selama kurang lebih dua bulan bergelut dan fokus demi masa depan anak-anak.
Alhamdulillah program SNMPTN Yang diterima ada 8 siswa. SPAN 36 Siswa dan Poltekes Negeri ada 2 siswi. Ada sebuah kepuasan batin ketika saya dan team. Menghantarkan anak-anak ke pintu gerbang masa depan. Maklum, wong deso kabeh kata bahasa jawanya. Meskipun demikian pemikiran siswa dan orangtua sudah berubah seiring waktu dan dinamika. Dari tahun ke tahun ada peningkatan untk masuk keperguruan tinggi Negeri. walaupun saya dan team sebagai mediator dan fasilitator sifatnya. Itu menjadi "catatan penting bagi perkembangan ",Sekolah kami.
Namun, ada juga yang mengeliti bagi saya selaku guru dan Wali kelas XII. khususnya di angkatan Corrona ini. Sehingga siswa dan siswi lulus tanpa UN yang diakibatkan merambahnya wabah Covid - 19 ini hingga kedesa-desa.
Pemikiran yang Modern VS ala sederhana Beberapa siswa mempersiapkan masa depan mereka dengan melanjutkan Pendidikan tinggi dengan orintasi keahlian, perubahan Paradigma, dunia kerja, ijazah serta kehidupan yang lebih layak dan mapan.
Sementara ada beberpa kelompok siswa yang berpikir. Endak usah neko-neko pak! Kik bebai paling ngajong pak.. Ya walaupun hanya sekedar celotehan saja. Namun, buktinya memang benar adanya baik siswa maupun siswi. Setelah tamat SMA langsung ijab syah. Ya begitulah interaksi dan komunikasi antar siswa dan walikelasnya beberpa moment saat jam KBM sebelum corrona melanda dunia.
Masih, dalam celotehan siswa dan walikelas
walikelas : " Ehh.. Kik geluk ngajong udi api sai dikiji ko.. Api lagi bebai.. Pira hergani bawang sekilo?, pira hergani cabi, api gulai jemoh. Kadu, wat kudo sanini belanja jemoh untuk sanak".
Jika diartikan : "emm jika cepat menikah itu. Apa yang dibicarakan?. Apalagi ibu-ibu. Berapa harga bawang satu kg?, berapa harganya cabe, besok sayur apa. Lalu, apa ada jajanan untuk anak sekolah besok".
Walikelas : yang jadi pertanyaan sekarang, apakah kalian siap secara mental dan spritual jika setelah tamat SMA langsung ijab syah alias menikah.
Murid: "" ad
a yang diam, ada yang tertawa, ada pula yang langsung jawab. Emm mak sanggup kung pak.. ( belum sanggup pak) berpikir kearah ijab syah. Sambil tertawa tersipu malu..
Wali kelas : Bapak, berpesan nak! Usia muda adalah usia produktif. Artinya sukses atau tidaknya kalian ditentukan langkah kalian selama lima tahun. Mulai hari ini, detik ini. Rubahlah kebiasaan lama kalian, semua tergantung usaha dan perjuangan. Lihat setiap pola hidup yang kalian lakukan. Gagal atau sukses mu tergantung usaha dan doa. Ada nasehat yang begitu dalam menurut pandangan islam. Ada lima perkara mengenai Masa atau waktu, Yaitu :
1. Manfaatkan masa sehatmu sebelum masa sakitmu
2. Manfaatkan masa muda mu sebelum masa tua mu.
3. Manfaatkan masa segangmu sebelum masa sibukmu
4. Manfaatkan masa jaya mu sebelum masa kemunduran mu.
5. Manfaatkan masa hidup mu sebelum masa ajalmu tiba.
Karena waktu yang tidak pernah kembali nak, siapa yang mampu membalikan satu detikpun waktu berjalan.
Murid : " semua hanya terdiam. Iya pak semoga nasehat, selalu kami ingat dan dilaksanakan.
Ya itulah sekelumit cerita dan dinamika siswa. Mendidik adalah hal penting dan merubah pola pikir siswa jauh lebih penting.
Selamat berjuang di kehidupan nyata
Catatan Wallikelas
by, Ekalaya Irpan Pamuji,S.Sos

Comments

  1. Luar biasa sekali, percakapan santai dengan siswa yg syarat akan makna.

    ReplyDelete

Post a Comment

PERTENGKARAN YANG SESUNGGUHNYA DIUSIA MUDA ADALAH PERKELAHIAN MENCAPAI MASA DEPAN

APA ITU “ NYELIMPOK “

CATATAN PRESTASI SISWA

PESONA KRUIKU